you're reading...
Education

QS Asian University Ranking: UNDIP Peringkat 151-160 Asia dan 7 Indonesia Tahun 2011

QS Asian University Ranking: UNDIP Peringkat 151-160 Asia dan 7 Indonesia Tahun 2011
Monday, 23 May 2011 10:32
E-mail Print PDF
qs asiaSemarang, undip.ac.id – QS-Asian University Ranking (QS AUR), sebuah lembaga pemeringkatan Universitas di dunia, kembali merilis peringkat universitas tahun 2011 khusus Benua Asia. Secara keseluruhan, Universitas Diponegoro (Undip) menempati Peringkat ke-151-160 di Asia dan Peringkat ke-tujuh di Indonesia pada pemeringkatan QS-AUR 2011. Peringkat Undip ini meningkat dari tahun yang lalu yang hanya menempati peringkat ke-161 Asia.

Ada 18 universitas di Indonesia (PTN dan PTS) yang masuk daftar peringkat tersebut, seperti ditampilkan di Tabel berikut:

qs asia

Ada empat kriteria utama yang menjadi acuan dalam pemeringkatan tersebut, yaitu: research quality, teaching quality, graduate employability, dan international outlook. Sementara itu indikator utama yang digunakan dalam penilaian pemeringkatan adalah:

Kualitas Universitas menurut Peer Akademik (Asian academic per review) lewat survei di kalangan akademik di benua Asia dengan pembobotan senilai 30 persen.
Rasio mahasiswa terhadap staf pengajarnya (student to faculty ratio) dengan bobot 20 persen.
Jumlah Sitasi per Paper (citations per paper), yaitu seberapa banyak jumlah sitasi per paper nya (bobot 15 persen).
Jumlah Paper per Staf Pengajar (papers per faculty) yaitu seberapa banyak jumlah paper yang dipublikasi oleh setiap staf pengajar (bobot 15 persen) .
Tingkat Kepuasan Employer/Pemakai Lulusan terhadap Universitas (Asian employer review), sebuah survei untuk menguak informasi tentang tingkat kepuasan dari Employer atau pemakai lulusan terhadap lulusan Universitas (bobot 10 persen).
Pertukaran Mahasiswa Masuk dari Luar Negeri (inbound exchange students) yaitu jumlah mahasiswa yang mengikuti (masuk) pertukaran mahasiswa dengan universitas lain dari luar negeri (2,5 persen.
Pertukaran Mahasiswa Ke Luar negeri (outbound exchange students) jumlah mahasiswa yang mengikuti (keluar) pertukaran mahasiswa dengan universitas lain ke luar negeri (2,5 persen.
Jumlah Mahasiswa Asing (nternational students) yaitu jumlah mahasiswa internasional (2,5 persen)
Jumlah Staf Pengajar Asing (international faculty) yaitu jumlah dosen yang berasal dari luar negeri yang mengajar di suatu perguruan tinggi (2,5 persen)

Pemeringkatan berdasarkan SUBJECT atau boleh dikatakan FAKULTAS atau klaster menempatkan Undip di tiga SUBJECT dengan peringkat Top 100 Asian University, yaitu Subject Art & Humanities (Peringkat 58 Asia), Subject Life Science & Medicine (Peringkat 66 Asia), dan Subject Social Sciences & Management (Peringkat 58 Asia). Sementara untuk subject Natural Sciences dan Subject Engineering & Technology, Undip sama-sama menempati Peringkat 111 Asia, lepas dari Top 100 Asia. Selengkapnya dapat dilihat di Tabel berikut:

QS Asia Subject

Sumber: QS Top Universities (http://www.topuniversities.com/ )

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Kategori

Visitor

  • 39,944 hits

Save Our World

%d bloggers like this: