you're reading...
Healthiness

Bisakah Lemak Perut Diusir?

Selasa, 4 Januari 2011 | 10:03 WIB

Kompas.com – Memiliki perut rata dan kencang merupakan idaman banyak orang. Pada umumnya orang yang berusia 30 tahun, pernah hamil, hobi makanan berlemak atau terlalu banyak menenggak bir, merupakan kelompok utama yang lebih bermasalah dengan lemak perut.

Namun Anda tidak perlu putus asa karena sebenarnya lemak perut bisa ditundukkan, meski tidak ada formula instan untuk melakukannya.

“Tidak ada peluru ajaib, rencana diet, makanan spesifik atau olahraga yang secara khusus ditargetkan untuk lemak perut. Tapi kabar baiknya adalah lemak perut merupakan lemak yang pertama akan terkikis ketika berat badan Anda berhasil diturunkan,” kata Michael Jensen, MD, ahli endokrinologi Mayo Clinic.

Pada dasarnya kelebihan kalori yang masuk ke dalam tubuh kita disimpan ke dalam dua tempat, yaitu di bawah kulit (subcutaneous fat) untuk jangka panjang dan di bagian perut (visceral fat) untuk jangka pendek.

Visceral fat disebut juga lemak omental yaitu lemak pada omentum, sepotong jaringan yang menempel pada perut tepatnya di bawah otot abdominal. Lemak ini menyelubungi organ seperti jantung, hati, dan beberapa organ inti lainnya.

Apa pun bentuk tubuh Anda, baik “apel” atau “pir”, kelebihan lemak perut yang mengganggu Anda bisa disingkirkan. Orang yang kegemukan akan lebih cepat menyingkirkan lemak di bagian perutnya. Makin cepat Anda mengurangi berat badan, makin cepat pula lemak perut itu hilang.

“99 persen orang yang berhasil menurunkan berat badannya akan kehilangan lemak di bagian perutnya lebih dulu dari lemak di bagian tubuh lainnya. Kemudian secara proporsional akan kehilangan berat badan dari tubuh bagian atas,” kata Jensen.

Selain olahraga pembakar lemak dan pengencangan otot perut, cara untuk menghilangkan lemak di bagian perut adalah mengurangi jenis lemak jenuh dan mengonsumsi lemak tak jenuh tunggal.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Kategori

Visitor

  • 39,944 hits

Save Our World

%d bloggers like this: