you're reading...
Economy and Business

NGMCO Beli Aset-aset GM

JAKARTA, KOMPAS.com — Raksasa otomotif Amerika Serikat (AS), General Motors Corporation, dilahirkan kembali sebagai perusahaan baru meneruskan sejarahnya. Menyusul disetujuinya penjualan aset-aset (GM) ke NGMCO, Inc oleh Hakim Robert E Gerber dari Pengadilan Kepailitan Southern District New York.

Selanjutnya, NGMCO, Inc—badan yang dibentuk oleh Departemen Keuangan Amerika—akan mengganti nama General Motors Corporation menjadi Motors Liquidation Company (MLC) yang independen. Mereka memiliki wewenang atas seluruh anak usahanya di luar kawasan AS, termasuk seluruh Asia Pasifik tanpa ada interupsi. Dan GM yang baru punya struktur pembiayaan  lebih kompetitif, hasil dari perjanjian dengan United Auto Workers (AUW) dan Canadian Auto Workers (CAW).

Salah satu anggota manajemen GM Fritz Henderson mengatakan, keputusan yang sulit harus diambil dari usaha yang telah berjalan lebih dari satu abad. “Sekarang, sudah menjadi tanggung jawab kita untuk memperbaiki kembali ke jalur menuju kesuksesan tanpa penundaan lebih lanjut,” ujar Henderson, dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (6/7).

GMC akan menggawangi produksi dan jaringan di Asia Pasifik termasuk pengetatan biaya produksi dan dikombinasikan dengan penurunan titik impas (break even point) perusahaan. Konsekuensinya, akan terjadi penurunan volume produksi dan meningkatkan kekuatannya di wilayah ‘kunci’ dengan pengembangan teknologi dan produk baru.

Sebelumnya, GM telah menjual salah satu merek unggulannya, Hummer, dan pabriknya di Amerika Serikat kepada Sichuan Tengzhong Co Ltd. Transaksi jual beli Hummer ini diharapkan bisa diputuskan pada kuartal ketiga tahun ini. Sebagai penasihat keuangan, Tengzhong mengandalkan Credit Suisse dan Shearman & Stearling sebagai legal international.

Strategi bisnis terus dilakukan GM untuk ‘menyelamatkan’ perusahaan yang runtuh akibat imbas krisis keuangan global di negara asalnya. Saat ini, komposisi kepemilikan saham GM terbagi menjadi empat stake holder utama, yakni Pemerintah AS melalui Departemen Kekayaan Negara sebesar 60,8 persen, UAW Retiree Medical Benefits Trust (17,5 persen), Pemerintah Ontario dan Canada (11,7), dan GM lama (10 persen).

Hakim Gerber memberi waktu 4 hari sebelum finalisasi penjualan dapat terjadi. Namun, GM berharap penjualan tersebut akan selesai dalam waktu singkat. Dan manajemen baru diharapkan segera beroperasi dan menjadi perusahaan yang kompetitif dengan produk-produk baru yang menarik serta merasionalisasi jaringan penjualan dengan baik. Karyawan-karyawan GM saat ini akan ditawarkan untuk bergabung dengan New GM.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Kategori

Visitor

  • 39,944 hits

Save Our World

%d bloggers like this: